Flash Tips & Trik: Menggunakan lebih dari 1 tanda seru (!) di deskripsi 1 dan deskripsi 2 akan menyebabkan iklan adwords Anda disapprove. :: Beberapa kata yang membutuhkan exception dalam pembuatan iklan Adwords adalah suka, resep, kandungan, lihat, seru, skripsi, dokter. :: Untuk mencegah melonjaknya Cost per Click (CPC) dalam Adwords, saat menaikkan atau menurunkan budget harian per campaign sebaiknya tidak lebih dari Rp. 30.000,-/perubahan.

Kamis, 24 Mei 2012

Membeli Traffic

Traffic atau lalu lintas merupakan isu yang sangat penting di dunia maya. Traffic yang tinggi sering diartikan dengan datangnya banyak peluang. Ibaratnya sebuah toko di dunia nyata, traffic pengunjung terkadang mempengaruhi hasil penjualan. Semakin banyak pengunjung yang datang ke toko maka semakin banyak peluang adanya transaksi atas produk/jasa yang dijual.

Manusia atau Robot
Fungsi traffic di dunia maya tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Yang membedakan adalah pengunjung yang menjadi pencipta traffic. Bila di dunia nyata trafficnya sudah bisa dipastikan adalah orang/manusia, sedangkan di dunia maya pengunjung yang menjadi pencipta traffic tidak selalu berwujud orang/manusia. Traffic di dunia maya dapat berupa orang/manusia ataupun robot (script).

Pengertian robot disini adalah sebuah kode-kode khusus yang diciptakan seseorang untuk secara otomatis mengunjungi website tertentu. Dengan robot, orang tersebut dapat meninggalkan jejak digital di sebuah website tanpa harus benar-benar membuka website tersebut. Dengan robot ini pula orang tersebut dapat mengunjungi beberapa website sekaligus dalam waktu bersamaan tanpa benar-benar membuka website tersebut.

Penggunaan robot saat ini telah merambah ke segala tempat, termasuk ke jejaring sosial. Di jejaring sosial, robot ini sering dipergunakan untuk memperbanyak jumlah teman/follower/fans. Penggunaan robot ini bahkan telah dijadikan bisnis oleh beberapa kalangan. Dengan membayar sejumlah nominal tertentu, para pemilik robot ini menjanjikan akan meningkatkan jumlah/volume/kuantitas kunjungan ke sebuah website/akun jejaring sosial.

Namun demikian, ada pula orang yang mampu menciptakan traffic yang tinggi tanpa menggunakan robot. Orang tersebut biasanya adalah seorang yang dikenal luas oleh masyarakat dan berpengaruh. Dengan jaringan yang dimiliki ia mampu menggerakkan banyak orang untuk mengunjungi website tertentu. Orang seperti ini biasanya akan banyak diminta oleh para pemilik brand untuk mempromosikan produk/jasa yang mereka jual.

Ada pula tipe orang yang mampu mengelola banyak account di dunia maya dan menciptakan traffic tinggi. Orang seperti ini biasanya memiliki aplikasi yang dapat menampilkan banyak account dalam 1 layar. Misalnya: TweetDeck untuk mengelola account Twitter dan Facebook.


Membeli atau Mengelola Sendiri
Pilihan metode untuk mendatangkan traffic tinggi cukup banyak tersedia dengan biaya yang sangat beragam. Sama halnya membuka toko di dunia nyata, traffic yang tinggi akan didapatkan bila toko tersebut mendapatkan tempat yang strategis (biasanya mahal), ataupun gencar melakukan promosi (dengan biaya tidak sedikit tentunya).

Dari sekian banyak peluang yang ada untuk mendapatkan traffic tinggi di dunia maya, pilihan untuk membeli traffic merupakan cara yang paling sering digunakan oleh website/brand yang masih baru di dunia digital.

Sebelum membeli traffic di dunia maya ada baiknya Anda memperhatikan metode yang dipakai oleh para penjual jasa traffic generator dan tentu saja harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk melakukan launching sebuah produk/jasa, biasanya yang diperlukan hanya volume traffic yang besar dalam waktu singkat tanpa perlu terlalu memperhatikan keberlanjutan (continuity) traffic. Sedangkan untuk melakukan branding, biasanya volume traffic dalam jangka pendek tidak terlalu diperhatikan, melainkan sangat perlu untuk memperhatikan keberlanjutan traffic.

Apabila tujuan yang diinginkan sudah jelas maka perlu untuk mencermati dimana para penjual jasa traffic generator tersebut berada. Maksudnya adalah tempat dimana penjual dan pembeli jasa bertemu untuk melakukan transaksi; semacam pasarnya lah. Salah satu pasar jual beli traffic yang saat ini sering digunakan orang adalah Fiverr. Di sana Anda dapat menemukan bermacam penjual jasa dengan harga rata-rata 5 dollar Amerika. Agar dapat bertransaksi dengan lancar Anda disarankan sudah memiliki account Paypal.

Di luar pasar seperti Fiverr tentunya banyak sekali penjual jasa serupa yang dapat menjadi pertimbangan. Mereka biasanya menawarkan jasanya melalui forum-forum atau jejaring sosial. Ada pula orang terkenal yang biasa membantu promosi produk/jasa melalui jejaring yang dimilikinya. Tidak ada salahnya memanfaatkan jasa mereka.
Pilihan lainnya dalam usaha mendatangkan traffic adalah dengan cara mengelola sendiri. Pengelolaan secara mandiri ini dapat dilakukan dengan mengorganisasi sebuah tim. Tim tersebut yang akan merancang strategi, mengeksekusi program dan menganalisa hasilnya. Fenomena jejaring sosial (Facebook dan Twitter) kiranya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu channel media publikasi. Search Engine Marketing melalui Google Adwords dapat pula dipertimbangkan apabila Anda sangat ketat dalam menghitung Return Of Investment (ROI). Sedangkan Search Engine Optimization sangat perlu diperhitungkan bila Anda ingin melakukan branding.

Mengelola Traffic
Apapun metode yang Anda gunakan untuk mendatangkan traffic, Anda sangat perlu untuk mengetahui detail dari setiap strategi yang dijalankan termasuk hasil yang didapat. Keistimewaan media digital yang tidak dapat dikalahkan oleh media konvensional adalah dalam pelacakan dan pencatatan traffic. Satu-satunya hambatan yang menghadang adalah memisahkan traffic yang datang apakah manusia atau hanya robot.

Salah satu aplikasi yang cukup handal dalam mengelola data traffic adalah Google Analytics. Agar aplikasi ini dapat maksimal mengelola data traffic Anda sangat perlu untuk memperhatikan detail dari setiap strategi publikasi digital yang Anda siapkan telah dipastikan sesuai dengan setting khusus aplikasi Google Analytics. Misalnya: pemasangan tagging pada setiap URL.

Pengelolaan traffic secara benar akan bermanfaat saat Anda membutuhkan data akurat mengenai efektifitas strategi publikasi yang dijalankan. Mendapatkan traffic yang tinggi tentunya merupakan dambaan setiap pemilik website. Karena traffic berarti peluang, peluang berarti transaksi, dan transaksi berarti pembelian yang berujung kepada uang. Untuk mendapatkan traffic tinggi dalam waktu singkat bukan hal yang sulit saat ini, para penjual jasa traffic generator selalu siap memenuhi kebutuhan tersebut. Namun perlu diingat juga bahwa besarnya uang yang Anda miliki tidak dapat serta merta membeli kualitas traffic. Selalu ada kerja keras di balik kualitas sebuah traffic. Setiap klik yang datang tidak melulu berasal dari uang, namun juga (bahkan lebih sering) berasal dari kedekatan emosional.

Semoga bermanfaat,
Terkirim dari BlackBerry®

Gregorius Wikan SEO Essence Updated at: 17.57

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda.