Flash Tips & Trik: Menggunakan lebih dari 1 tanda seru (!) di deskripsi 1 dan deskripsi 2 akan menyebabkan iklan adwords Anda disapprove. :: Beberapa kata yang membutuhkan exception dalam pembuatan iklan Adwords adalah suka, resep, kandungan, lihat, seru, skripsi, dokter. :: Untuk mencegah melonjaknya Cost per Click (CPC) dalam Adwords, saat menaikkan atau menurunkan budget harian per campaign sebaiknya tidak lebih dari Rp. 30.000,-/perubahan.

Jumat, 11 Mei 2012

Mengenal Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau disebut juga paid search adalah sebuah program pemasaran internet melalui search engine. Paid search yang paling terkenal seantero dunia maya saat ini adalah Google Adwords. Google dengan jaringannya memungkinkan materi pemasaran yang ikut serta dalam program Adwords dilihat oleh milyaran pengguna internet, setiap saat tanpa mengenal batasan. Bahkan jika diinginkan, Google dapat mengarahkan materi pemasaran tersebut hanya dapat dilihat oleh pengguna tertentu saja.

Bila Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tertentu pastinya akan beberapa kali menemui, di bagian atas/bawah ataupun sebelah kanan hasil pencarian, beberapa baris tulisan yang diberi warna background berbeda. Itulah yang dinamakan Paid Search dari Google Adwords.

Paid Search

Selain menempatkan materi pemasaran di hasil pencarian Google juga menempatkan materi pemasaran tersebut di jaringannya. Jaringan yang dimaksud adalah jaringan para publisher yang menempatkan iklan dari Google di website mereka. Jaringan para publiser tersebut dinamakan Google Display Network dan program penempatan iklan dari Google melalui Google Display Network disebut program Google Adsense.

Program Google Adsense ini banyak sekali diikuti oleh para blogger, bahkan mainstream media seperti detik.com maupun kompas.com pun telah ikut serta dalam program ini. Peluang bagus sebenarnya terlihat dengan ikut sertanya media-media besar tersebut. Seperti diketahui bahwa untuk memasang banner iklan di kedua media digital besar tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan memperhatikan bahwa kedua media yang menjadi contoh tersebut telah ikut serta dalam program Google Adsense maka iklan yang ada di Google Display Network pastinya akan muncul di kedua media digital besar tersebut. Dengan kata lain, hanya dengan mengikuti program Google Adwords, biaya untuk bisa menampilkan iklan di media-media digital yang besar pun bisa jauh lebih murah, walaupun tentu saja tidak dapat diketahui kapan dan di halaman apa iklan tersebut akan muncul.

Untuk bisa ikut serta dalam program Google Adwords Anda hanya membutuhkan account Google dan kartu kredit untuk mempermudah proses pembayaran biaya beriklan di Google Adwords. Kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk melakukan keyword research dan pembuatan copy ads. Kedua kemampuan tersebut penting untuk dikuasai mengingat dalam Search Engine Marketing dibutuhkan pula strategi pemasaran. Semakin baik strategi Anda dalam memilah keyword dan membuat copy ads maka biaya beriklan Anda di Google Adword bisa semakin rendah namun dengan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat.


Gregorius Wikan SEO Essence Updated at: 00.01

Artikel Terkait :



1 komentar:

  1. Makasih banget ulasannya sangat membantu saya buat memahami sem ini, memang sekarang lagi rame di dunia online marketing.

    Makasih ya?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda.